Jumat, 01 Februari 2013

ISTILAH DALAM PELAYARAN,EKSPOR DAN IMPOR

Di dalam dunia pelayaran pasti kita biasa temui istilah-istiah yang mungkin asing, berikut ini saya jelas istilah yang dimaksud itu.

ISTILAH DALAM PELAYARAN,ekspor dan impor

Ada istilah-istilah didalam Pelayaran yang mungkin bagi masyarakat awam (yang tidak biasa bergerak di pelabuhan) belum begitu terbiasa.  Sebagian dari istilah-istilah yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

a. Weekly schedule : adalah schedule kedatangan dankeberangkatan kapal yang diumumkan oleh PerusahaanPelayaran atau Agen-Agennya di media masa, WEB ataubrosur.

b. ETA/ETD : Estimated Time Arrival/Estimated Time Departureadalah perkiraan waktu kedatangan dan keberangkatankapal di pelabuhan.

c. CY : Container Yard adalah lapangan tempat container-container yang akan dimuat kekapal ataupun sehabis dibongkar dari kapal ditumpuk/disusun menunggu pemuatanataupun pengambilan oleh importir.

d. CFS (Container Freight Station) : Gudang tempat dimanabarang dari dalam container LCL dibongkar dan disimpan.e.Container Terminal adalah terminal/dermaga tempat kapal-kapal container bersandar dan membongkar/memuatcontainer. Terminal ini dilengkapi dengan crane khususuntuk container yang disebut QC (Quay Crane) atau CC(Container Crane), atau GC (Gantry Crane).

f. Open stack : saat/waktu dimana container ekspor mulaidiperbolehkan masuk kedalam CY.

g. Early stack : container ekspor yang minta diijinkan masuk CYsebelum open stack.

h.Closing time atau COT (Cut Off Time): batas waktu dimanacontainer ekspor tidak diperbolehkan lagi masuk CY.

i. Late stack atau stack after closing : container ekspor yangmasuk kedalam CY setelah closing time atau COT.

j. Biaya penumpukan (storage charge) : biaya sewapenumpukan di lapangan yang dibebankan kepadashipper/consignee

K. Shipper :yang mengapalkan barang.

l. Consignee : yang menerima barang.

m. Lo/Lo (Lift on/Lift off) 
: kegiatan menaikan atau menurunkancontainer dari/ke trailer.

Masih banyak lagi istilah-istilah didalam dunia pelayaran, kami menyarankanmembeli kamus istilah pelayaran jika ingin mengetahui lebih banyak.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar